Rabu, 23 Maret 2016

Hariku | My Day

okta zaida
Please scroll down for English.

***



Dalam tahun-tahun hidup saya, saya merasa mendapat banyak keuntungan dengan memiliki Islam. Yang utama adalah, saya merasa bahwa mengetahui dan mempraktekannya membuat saya merasa lebih baik di setiap keadaan hidup yang saya hadapi. Tentu saja, saya ingin mewariskan hal ini kepada anak-anak saya.
Hal yang paling mendasar dalam Islam adalah tauhid atau keesaan. Mengetahui siapa yang harus disembah dan siapa yang harus dimintai pertolongan. Hal ini harus jadi pondasi dasar di pikiran dan hati anak dalam hidupnya.

Dalam usia mereka yang mendekati 2 dan 4 tahun, menyampaikan sebuah logika dalam cara dan bahasa yang sederhana adalah sebuah keharusan, terutama dalam memperkenalkan Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja, cara termudah memperkenalkan Sang Pencipta adalah melalui apa yang telah diciptakanNya. Dan hari yang telah dijalani ini juga merupakan ciptaan-Nya.



Saya mendapati bahwa sebelum tidur adalah waktu efisien bagi anak untuk menyerap sesuatu dan buku adalah salah satu alat yang tepat untuk membantu. Jadilah saya menuliskan naskah ini untuk membantu mengingatkan anak-anak saya, lagi dan lagi, dengan Penciptanya sebelum mereka mengakhiri harinya. Lebih ke arah pemicu renungan tentang bagaimana mereka menjalani sebuah hari dan mengingat kembali siapa yang menghadirkannya untuk mereka.

Belum lama saya menemukan semangat saya untuk mengubah database cerita saya menjadi buku yang lebih menarik bagi El dan Dis. Apalagi kemampuan cerita secara spontan yang saya punyai juga terasa kurang. Walaupun scene yang saya catut dalam buku ini terasa lebih mirip dengan kehidupan pedesaan (saya menuliskannya saat kami masih tinggal di bagian antah berantah dari Pulau Bali), ternyata ceritanya masih tetap cocok untuk kami yang tinggal di pinggiran kota yang sibuk.

Versi e-book nya sedang saya kerjakan. Semoga bisa jadi lebih gampang untuk dibagi secara bebas. Untuk sementara, silakan nikmati isi bukunya di bagian terbawah halaman ini.


***
Through my years of living, I had benefited from having Islam. Most important was, I felt like knowing and practising it made my self feel better in every moments I faced. Yes, of course I want to pass that down to my young children.


The very basic part of Islam is tawhid or oneness. Knowing who to worship and who to ask for help. This should be the real foundation that settled in their mind and heart through their future years of living.
In their almost 4 and 2yo age, simple logic in simple language is a must in introducing The One and Only Allah SWT through their everyday bases. And of course, introducing The Creator through the creations is the easiest way, including today as an object.

I found that a bedtime book is one of an efficient tool for them to absorp something. So I wrote this script to remind them to their Creator before they end the day. More like a reflections on how they passed that one day and remembering who created it for them at the end.


I have just met my excitement to transform my writing into more appealing look of bedtime book for El and Dis recently. Eventhough the moments depicted inside the book are closer to nature kind of life (I wrote it when we're living in the middle of nowhere part of Bali), I found that it is still suitable for our more urban-ish life.

I'm working on the e-book version in hope it will be more accessible to share. Meanwhile, please enjoy the contents of the book below.











About the Author

okta zaida / Author & Editor

A mother who enjoy stories, storytelling and all that.

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.